Virtual kill The Reality, Kisah Seorang Pensiunan Game Online


Hari-hari terasa mubazir semenjak Gue kecanduan dengan Game online, gue engga tau kapan persisnya pertama kali gue menemukan benda nista binti sesat tersebut dan mendeklarasikan nya sebagai hal paling exciting di hidup gue.

Sebelum nya gue tidak pernah tertatik dengan game bergrafis standar tapi mendukung fitur chatting seperti ini, di bandingkan games online jauh lebih asik main game console bagi gue.

Seharus nya pada saat game online sedang loading ada peringatan yang sama seperti di Kotak bungkus rokok di sertai gambar-gambar yang bisa menakuti orang dengan akibat yang terjadi jika kita bermain game online, karena baik merokok atau game online kedua nya memiliki sifat adiktif yang kuat.

PERINGATAN : game online dapat membuat mu menjadi jomblo akut”

Gue sendiri adalah korban nya, hampir selama dua tahun penuh gue duduk di depan laptop dengan tangan kanan di mouse main game. tidak ada hari yang terlewatkan dengan main game online sampai-sampai cucian dan tugas jadi menumpuk, kamar berantakan gue biarin aja.

its all about game online MMORPG ber judul Rapopo Online. pada awal nya memang terasa fun dan penuh petualangan, di tambah gue dapat teman yang baik dari sana. Secara virtual kita kenalan seperti layak nya kenalan di dunia nyata, yang satu karakter cowo dan yang satu lagi karakter cewek, mungkin saja hode (hode=laki-laki normal yang membuat dan memainkan karater cewek untuk alasan tertentu)

gue : hai nama gue Dason nama kamu siapa?

Eru&Sherie : aku Eru...aku Sherie

gue: Sherie Hode ya?

Awkward...

lalu setelah kenal lebih jauh, ahir nya gue tau identitas asli mereka stelah tukeran akun Facbook, mereka seperti nya pasangan kekasih di dunia nyata, dan Shrie bukan hode ternyata, cieelaah kayak di SAO aja.

Ga tau SAO ya?... for your information…SAO singkatan dari Sword Art Online, adalah kartun Anime dari jepang, ceritanya tentang gamers yang terperangkap di dunia game virtual, terjebak nya para gamers ini karena Game Master mengingikinkan Game buatan nya  di selesaikan dengan sunguh-sunguh, di saat player ingin keluar dari game tidak ada tombol log out pada menu game, di situlah mereka menyadari tidak bisa kembali lagi ke dunia nyata,dan petualangan pun di mulai. tokoh utama nya adalah Kirito dan Asuna yang pacaran di dunia virtual tersebut.

Sword Art Online
Gue bisa kenal sama teman-teman gue ini sewaktu gue lagi keliling-keliling enggak karuan nyari item yang memang susah di dapat bagi Newbie. ahir nya gue menyerah dan ga sengaja ketemu mereka yang lagi duduk berdua di depan portal ke kota berikut nya. dalam hati gue berguman: kenapa pemandangan seperti ini bisa gue temuin di dunia virtual, di dunia nyata aja sudah bikin gue ngenes liat pasangan berdua gini.

Kemudian kita kenalan, Eruzac nama nick cowok nya dan Sherie nick cewe nya, mereka selalu nemanin gue waktu leveling, Eru Class nya adalah Warior dan Sherrie adalah Priest, pasangan yang sangat serasi dan saling mengisi kekurangan. Gue sendiri juga memilih untuk jadi warrior. bertiga kita selalu menghadapi tantangan, membunuh boss monster bareng bareng. nyari armor sampai ngajak rusuh palyer lain nya.

Umm gue enggak pernah berharap dapat pacar dari game itu, karena 99% karakter cewe adalah cowo jadi-jadian yang menyamar.

Eru kuliah di UI jurusan Kriminologi sedangan Sherie kuliah di ISI jurusan Musik, mereka sama-sama berasal dari Jogjakarta, dari sini gue tidak heran kalau ternyata mereka pacaran, mungkin otak mereka agak terkontaminasi sehingga menyebabkan obsesi dengan cerita Anime SAO.

kemudian gue di ajak masuk ke guild nya mereka, gue pun meng iya kan ajakan itu. ketua guild kita nick nya Spikey, class nya Assassin.

ber empat kita selalu janjian buat online bareng dan bertualng di dunia maya itu, bahkan si spikey bikin jadwal kegiatan buat kita. misal nya hari senin jadwal nya cari item langka, hari selasa ngerusuhin guild lain, hari rabu Ngalahin Boss Monster dan seterus nya...

dan biasanya setiap kelar bunuh boss monster kita nongkrong dulu di mayat bossmonster nya sambil nyatai dan chatting ngebahas macam-macam. eru adalah ahlinya bikin orang ngakak, dia selalu punya hal lucu buat di ceritakan.

sedangkan sherie yang ternyata cewek beneran ini kadang suka telat login, katanya dia sedang les musik, makanya dia jarang bila login on time. Sherie juga orang nya aneh, pernah sekali kita ber empat punya rencana mau ngalahin boss monster yang wujud nya mirrp bekicot, sebagai satu-satu nya healer party kita si sherie harus ikut buat nyembuhin kita sebagai DPS (Atacker) kalo tiba-tiba sekarat. Bukan nya nge heal malah dia lari karena takut lihat monsternya. katanya jijk... aneh kan ya.

Si spikey, ketua guild kita adalah yang terkuat... kita selalu ngandalin dia buat ngalahin bos monster, kalo tanpa dia kita ga akan pernah kelar bunuh boss monster.

secara fisik kita emang engga ketemu, tapi secara emosional kita ngerasa dekat seperti di keluarga.

Gue punya alasan pertama kali main game ini karena pengen lupain masa lalu yang kelam dengan mantan yang class nya adalah "Wizard" (baca:nenek sihir) 

Gue sebagai pecandu Game online merasa sangat hidup dan tidak pernah merasa begitu Exciting nya seperti di dunia nyata. bahkan gue rela begadang  mengumpulkan item dari game yang harga nya mahal, item game tersebut berupa moster buruan, bahan untuk membuat senjata, costum dan lain lain nya.

Namun semua itu membuat gue lupa dan Akibat nya kuliah gue terbengkalai dan tugas numpuk, sering kali gue minta atau nyontek tugas punya teman, dan pada saat mau UAS gue mati matian belajar agar IP semester tidak turun. walhasil IP gue tetap turun.

kegiatan gue di dunia nyata pada saat itu adalah: main game kuliah-pulang kuliah - main game - les bahasa inggris - main game-nongkrong - main game. gue juga tidak pernah mengikuti kegitan dari kampus atau dari organisasi apapun.

Gue ingat banget, waktu itu beberapa bulan sebelum gue main game online,gue sempat dekat dengan seorang cewek bernama Dina, nama panjang nya Dinamika Kehidupan...bukan lah, pokonya nama nya dina aja deh.

Kita sempat dekat, dan nyaris jadian...tapi semenjak game online ini gue jadi sering lupa menghubingi dia, pernah sekali dia marah karena udah 3 hari engga gue hubungin.

Tapi apalah daya gue...bocah tua yang masi kecanduan main game online, seperti nya gue udah sakau kalau tidak di kasih main game sejam aja. makin-lama gue malah makin ga ada kabar nya, eh maksudnya Dina makin ga ada kabar nya, hingga sampai sebulan. kita yang dulu nyaris jadian malah jadi jauh bagaikan orang tak saling kenal sekarang.

Ahirnya gue sadar...  ternyata udah banyak hal yang gue lewatkan selama gue terperangkap di dunia game itu.

Hal sederhana yang gue lewatkan, berita di televisi bahwa farhat abbas mau jadi presiden... APUAAAA... gue histeris dan seketika membayangkan tinggal di negara dengan hukum sumpah pocong.

Hal penting yang gue lewatkan, Dina telah hilang dari kehidupan gue yang dulu nya normal...

Jika seseorang tidak lagi dekat dengan kita, bisa jadi putus atau bermusuhan, namun kita masih care sama dia, hal yang paling sering kita lakukan adalah Stalking.

Praktek stalking ini sering di salah gunakan oleh para jomblo ngenes untuk menguntit kehidupan target atau orang yang di kagumi nya. mulai dari lihat status lihat foto-foto nya, dan sesekali melihat profil dan status hubungan nya sambil harap-harap cemas doi masih jomblo.

Yap that’s way I do… aksi serangan stalking gue lancarkan. saran gue stalking hanya boleh di lakukan jika elu punya kenginin kuat untuk balikan atau baikan lagi, jika tidak sama aja dengan lu nusuk diri sendiri pakai jarum pentul setiap hari.

Ketika gue lihat facebook nya Dina tidak banyak update status terbaru malah hanya foto-foto doang yang di update, yang membuat gue semakin nyesek liat dia bertambah cakep semenjak tidak PDKTan lagi sama gue :(

KENAPAA ini Harus Terjadi pada kuuu...

Waktu berjalan, angin bertiup, farhat abbas pun bercerai dengan Nia Daniati… *bagaikan pujangga.

Stalking pun masih gue lakukan, sampai pada suatu malam saat gue lagi bosan main game, gue buka facebook, berharap Dina lagi Online dan gue bisa berpura-pura FB gue di bajak dan bilang kalau gue Sayang sama dia, sehingga jika dia ilfil gue langsung bisa berkilah teman gue yang ngebajak Bwahahahaha!!! Ini benar-benar ide jenius kawan … you must try it!!!

Apa yang gue dapatkan malam itu, satu kotak kado cantik yang berisi jenglot kit lah yang gue dapatkan. berharap sesuatu yang indah akan terjadi malah dapat beragam instrument santet.

Jadi Dina telah berpacaran dengan cowok kampus nya sendiri, JEGERR!!! * terdengar lirik lagu SO7 yang terlwatkan, Gue down... se down-down nya, gue hancur…

Setelah menyadari nya, gue langsung keluar rumah dan di tengah hujan badai petir teriak-teriak kearah langit : YA Tuhaaaaan mengapa kau biarkan aku selalu begini…!!!apakah ini karma mu!!? kalo iya karma Apaaaaa??

Cukup itu berlebihan, yang jelas setelah itu gue putuskan untuk tidak mengejar dia lagi, sambil berharap dia segera putus (lah)...

Sejak Dina jadian, ia jadi sering bikin status tentang cinta-cintaan, Contoh nya seperti ini

“Bahagia nya Aku Bersama kamu”

Atau seperti ini :

“jika tahu bakal bertemu laki-laki seperti kamu, aku mau dari balita dulu kita udah di pertemukan ^_^”

melihat itu membuat gue jadi sering gila-gilaan sendiri, sering kali gue nyayi lagu nya Coconut Trees yang bunyi nya kira-kira gini.

“Woooo ikan bakar ku hangus…wooo ikan bakar ku hangus, woo ikan ku di gondol Kucing…” * sambil lompat lopat2 di sofa

Yah begitu banyak hal yang telah gue sia-sia kan, hanya karna kecanduan main game online. pada ahir nya gue menyesal telah melewatkan Dina. menurut gue yang seperti ini tidak akan datang ke dua kali nya. Walaupun begitu efek jera tidak juga gue rasakan, malah gue masih main game online sampai hampir masuk ke semester akhir kuliah, gue tidak pernah puas dengan karakter gue yang selalu kalah dengan palyer lain. 

Maka dari itu gue terus menerus memperbaharui Armor dan Skill level agar tidak mudah di kalahkan. lagi pula tidak ada guna nya gue menyesal, life must go on!

sampai pada ahir semster, gue ngerasa udah cukup bermain-main, gue udah cukup bersenang-senang, level karakter gue juga udah Max. Item-item langka sudah gue jual semua. udah waktunya bagi gue untuk menaikan level diri sendir, memainkan peran gue sendiri di dunia ini, berpetualang di dunia yang sangat luas ini.

Ahirnya gue putuskan untuk pensiun di semseter 8 karena, skripsi tak semudah nembak cewek. skripsi tidak bisa di bercandain karena sekali kita bercandain skripsi bakal bisa nambah semseter sebagai ganjaran nya.

Begitu lah petualangan di dunia palsu tersebut, Memang secara fisik gue enggak terperangkap dalam sebuah dunia game virtual seperti di Anime SAO, tapi  jiwa dan perasaan gue udah terlalu lama terperangkap di sana, walau setiap gue mau log out selalu ada tombol log out yang bisa di klik.

gue ngerasa udah saat nya benar-benar logout dari sana dan tidak pernah log in kembali, namun kenangan bersama teman-teman virtual Eru, Sherie dan Spikey tidak akan pernah gue lupakan.

Hidup di dunia terlalu singkat, kenapa harus mengisi nya dengan hidup di dunia maya…Sekuat apa pun karakter game kita, hal terkuat yang bisa kita lakukan adalah Pensiun dan hadapi kenyataan.

Related Posts

Posting Komentar