Pengalaman Digitalent Scholarship Kominfo, update 2020!

Digitalent Kominfo 

Artikel ini adalah tentang Pengalaman Daftar Digital Talent Scholarship kominfo, simak kisi-kisi ujian substansi pada ahir artikel.


April lalu kominfo membuka beasiswa pelatihan di bidang IT untuk fresh graduate, Pengajar IT, Vocational School(sekolah kejuruan), dan Umum. 

Rangkaian seleksinya adalah test administrasi, test subtansi, pemberkasan, dan pengumuman final. Di antara program beasiswa yang di tawarkan adalah sebagai beriukut :



Vocational Graduate School Academy (VSGA)
Program pelatihan Khusus untuk lulusan SMK dan seoklah menengah kejuruan terkait IT

Fresh Graduate Academy (FGA)
Program pelatihan unutk freshgraduate lulusan D3/S1

Coding Teacher Academy (CTA)
Program Pelatihan khusus guru TIK untuk meningkatkan kualitas materi coding, terbuka untuk guru TIK PNS dan swasta

Online Academy (OA)
Program pelatihan online learning untuk siapapun yang berminat meningkatkan kemampuan di bidang IT, Program palatihan yang paling spesial menurut saya pribadi karena kita sendiri yang mengatur watu belajar di manapun kita mau.

Berhubungan saya bukan lulusan SMK, dan sudah tamat kuliah tahun 2015 lalu, juga sudah bekerja, tapi bukan sebagai guru, maka dari itu saya putuskan pilih Online Academy.

coba daftar di web Digital Talent Scholarship kominfo, pas tau dari grup WhatsApp kelas training CCNA. 

Saya langsung mendaftarkan diri dan ambil beasiswa Google Cloud Asociate, sedangkan teman-teman yang lai ambil CCNA Security. Alasan saya ambil Google Cloud Asociate ya karena Penasaran saja.

google cloud summit 2018
Setelah ikutan acara Google Cloud Summit 2018 lalu di jakarta saya jadi penasaran berat dengan skill yang satu ini, untuk perusahaan sekelas google berarti pasarnya bukan main-main dan lagi berkembang pesat.

Pada acara itu Google juga mengumumkan akan membangun infrastruktur cloud dan data center di Indonesia pada masa yang akan datang.

Lalu kemarin tanggal 16 juli, saya dapat notifikasi by WA dari Digitalent kominfo, liat inbox masuk isi nya menginfokan kalau saya lulus administrasi dan harus secepat nya test substansi karena Tanggal 20 test sudah di tutup.

Ternyata sejak tanggal 1 juli sudah ada email masuk dari kominfo tapi tersembunyi di kotak Spam. 

Senang campur panik dapat info seperti ini, senang karena lolos administrasi, panik nya karena belum belajar sama sekali.

Saya coba baca-baca artikel tentang Google cloud dan apa itu cloud computing, dua hari kemudian tanggl 18 juli saya putuskan langsung untuk ambil test.

Karena semakin di pelajari akan semakin pusing dengan materinya yang banyak, tanpa banyak pikir lagi saya langsung ambil test substansi.

selesai test badan dingin, kepala panas... karena soal test substansi nya sungguh tidak terduga, beberapa bisa saya jawab dengan percaya diri seperti jaringan komputer dan web programming. b

Banyak juga soal yang sulit bagi saya, misal nya tentang linux/UNIX, system  engineering, dan lain-lain. 

Selesai test lumayan lega juga dan tinggal ber Doa selagi menunggu pengumuman di ahir bulan Juli.

kisi-kisi test substansi digitalent kominfo


1. Jaringan
IP address / subnet / class / OSI layer
2. Web - Programming
syntak / plugins / framework / library
3. Linux - Unix
command function
4. System engineering
Windows / linux / data process
5.lain-lain
-pengetahuan IT umum dan trending industri

Sekian share Pengalaman Daftar Digital Talent Scholarship kominfo dari saya, semoga bermanfaat.

Update 05 Agustus 2019

Dapat Email dari Digitalent kominfo, Alhamdulillah saya lulus dan berhak mendaptkan pelatihan Google Asociate Cloud Engineer , kelas akan di mulai tanggal 19 Agustus - 1 November 2019. 

Update November 2019
Lulus dari kelas Online Academy Google Cloud  ACE, saya bersama 100 orang peserta lain nya di berikan kesempatan untuk mengikuti sertifikasi Google ACE International.

Namun sayang nya saya tidak bisa hadir karena lokasi sertifikasi jauh dan sedang banyak pekerjaan di kantor.

Related Posts

Posting Komentar