Pentingnya Menjaga Kemanan Password di Era Digital

Penting nya Menjaga kemanan Password di Era Digital
Penting nya Menjaga kemanan Password di Era Digital
Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita sudah biasa menggunakan dan memanfaatkan bebagai macam aplikasi untuk mempermudah kegiatan. Setiap aplikasi pada umum nya sebelum dapat di gunakan memerlukan akun login dengan keamanan Password.

Berbagai macam aplikasi dengan mudah dapat kita download dan mendaftarkan akun dengan gratis. Baik itu aplikasi game, mobile banking, transportasi online, pinjaman online, market place dan lain-lain.

Era digital saat ini telah berevolusi dengan sangat cepat, teknologi masa sekarang seakan membuat internet dan dunia nyata tidak lagi ada batasan nya. Namun bersamaan dengan perkembangan internet, ancaman keamanan internet juga semakin meningkat setiap hari nya.

Hampir semua kejahatan di internet adalah penipuan dan social engineering. seseorang yang ada jauh di belahan dunia lain dapat dengan mudah nya mengirimkan sebuah e-mail berisi malware keylogger ke akun email anda, tentu saja dengan iming-iming hadiah ratusan juta dollar. Apa yang akan anda lakukan?

Jika anda sudah terbiasa dengan hal semacam ini, anda pasti akan langsung menghapus email tersebut dan melupakan nya. Tapi bagaimana jika yang membuka  email tersebut adalah anak-anak di bawah umur yang menggunakan smartphone orang tua nya. Bagaimana jika lansia yang mengira isi email tersebut adalah benar hadiah pemenang undian?

Begitulah social enginnering, pelakunya pasti selalu mencari orang yang tidak peka atau cuek dengan keamanan diri mereka sendiri.

Apakah kita harus sadar dan mulai melek dengan keamanan di internet? jika di perkenankan menjawab dengan sedikit nada kasar saya akan menjawab "IYA, banyak orang gila tak takut hukum di internet". Anda bisa pikirkan sendiri.

Ada baik nya keaman internet kita mulai dari hal paling sederhana, misal nya menjaga keamanan password. Simak trik Menjaga kemanan Password di Era Digital berikut ini.

Trik Menjaga keamanan Login dan Password

1. Merahasiakan Password dari siapapun
Apapun itu yang terkait dengan identas pribadi anda adalah tanggung jawab anda sendiri. Jadi pastikan apapun yang terjadi anda harus mengetahui log aktivitas yang di lakukan dengan akun anda adalah valid.

2. Jangan Memperlihatkannya ketika menginput password
Untuk akun login yang beresiko tinggi, anda harus lebih hati-hati jika akan memasukan password, misalnya aplikasi mobile banking. Bahkan jika anda berada di ATM pastikan tak ada yang melihat nya, 6 digit angka password ATM sangatlah mudah untuk di hafal.

3. Hindari menggunakan komputer di ruang publik
Misalnya di kantor ada PC yang bisa di pake oleh siapapun, sebisanya jangan di gunakan untuk login ke akun yang memiliki resiko kebocoran data. Jika terpaksa login di PC tersebut, pastikan tidak ada perangkat yang mencurigakan terpasang pada port usb nya. Hapus history dan clear chace - cookie di browser segera.

4. Membedakan password antara satu akun dan akun yang lain
Agar password anda sulit untuk di tebak, jangan sesekali menyamakan dengan password akun sosial media apalagi dengan tanggal lahir.

5. Mengganti password secara rutin
Seperti yang selalu di sarankan oleh bank melalui mesin ATM nya, rutinlah untuk mengganti password minimal 3 bulan sekali.

6. Tidak Menggunakan password yang simple
Jangan lagi menggunakan tanggal lahir, tanggal pernikahan atau ulang tahun anak anda sebagai password, pikirkanlah password yang sama sekali tidak bisa di tebak oleh siapapun. Kombinasikan angka, huruf dan simbol agar password tidak mudah di bruteforce.

7.Menghindari pemakaian internet dengan wifi tanpa proteksi (open wifi connection)
Di tempat umum seperti cafe atau public internet biasanya wifi tidak di proteksi agar pengunjung bisa mudah mendapatkan akses internet tanpa bertanya. Tapi demi apapun sebaik nya anda jangan ikut-ikutan menggunakan wifi tanpa proteksi. 

Dengan menggunakan koneksi wifi yang tidak di proteksi artinya data yang anda kirim dan terima melalui internet sama sekali tidak ter enkripsi. ini artinya anak umur 5 tahun pun bisa membaca login dan password anda dengan sangat jelas.


Teknik hacking DNS spoofing paling sering di gunakan hacker untuk mengambil data via wifi yang tak ter enskripsi. Selalu gunakan koneksi internet teproteksi untuk menjaga keamanan password anda.

Beritahu trik ini untuk keluarga anda karena mereka berhak terlindungi dari ancaman kejahatan internet. Jangan lagi tak acuh dengan keamanan diri sendiri.

Demikianlah Artikel Penting nya Menjaga kemanan Password di Era Digital, Semoga bermanfaat, terimakasih.

#cybersecurity #digitalsecurity #mindyourprivacy

Related Posts

Posting Komentar